Berita

6 Makanan Sahabat Wanita

King Tomato News: 6 Makanan Sahabat Wanita

Masalah gizi tidak lepas dari masalah makanan karena masalah gizi timbul akibat kekurangan atau kelebihan kandungan zat gizi dalam makanan. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh pada timbulnya penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Baik laki-laki maupun perempuan tentu memiliki angka kecukupan gizi yang berbeda, namun khusus pada perempuan ternyata sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi nya bahkan perlu adanya makanan tambahan yang memberikan manfaat kesehatan yang lebih. Perempuan cukup rentan terhadap berbagai penyakit berbahaya, mulai dari Osteoporosis (Pengeroposan tulang), anemia (kekurangan zat besi), kanker (ovarium, payudara, rahim), dan lainnya. Berikut ini adalah 6 makanan yang sangat bersahabat bagi perempuan, selain lezat makanan-makanan berikut ini juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi perempuan. Apa sajakah itu? Berikut daftarnya:

1. Tomat

Tomat adalah buah yang disukai oleh semua orang karena kesegaran dan kelezatannya. Berdasarkan penelitian, tomat kaya akan likopen yang merupakan senyawa antioksidan yang mampu menangkal kanker payudara, kanker rahim. Studi yang dilakukan pada 40.000 perempuan menunjukan kandungan likopen dalam tomat dapat menangkal penyakit kanker payudara dan kanker rahim serta penyakit kardiovaskuler lainnya. Yuk perbanyak konsumsi tomat!

2. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan perempuan. Brokoli mengandung mengandung zat-zat (flavonoid) yang merangsang enzim detoksifikasi yang secara alami membantu tubuh melenyapkan racun-racun penyebab kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Selain iyu brokoli juga mengandung asam folat, sumber serat dan vitamin.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak senyawa Isoflavanoid, dimana isoflavon merupakan senyawa yang mirip estrogen (hormone pada perempuan) tetapi memiliki aktifitas yang lebih rendah dari estrogen. Isoflavon banyak terdapat di kacang-kacangan terutama di kacang kedelai. Konsumsi kacang secara rutin dapat mengurangi dampak negative menopause dan juga osteoporosis

4. Salmon

Ikan salmon memang memiliki banyak manfaat, namun kelebihan dari salmon bagi perempuan adalah pada minyak ikan salmon. Menurut penelitian, kandungan minyak pada salmon dapat membantu mengatasi depresi pasca kehamilan (post-partum blues). Selain itu lemak omega 3 juga melindungi otak dan system syaraf yang penting bagi perkembangan janin. Bagi anda perempuan diatas 40 tahun, untuk mencegah resiko penyakit jantung, lemak ikan salmon dapat menjaga kesehatan jantung anda apabila tingkat estrogen anda menurun (efek menopause) 

5. Strawberry

Selain lezat strawberry ternyata mengandung banyak manfaat untuk perempuan. Strawberry mengandung vitamin A, C dan E yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan pada strawberry juga mampu menjadi penangkal radikal bebas penyebab kanker, selain itu strawberry juga mengandung 40 mikrogram asam folat yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Strawberry juga baik untuk kesehatan kulit, karena mengandung salicylic acid dimana senyawa tersebut digunakan sebagai obat wajah yang berjerawat dan kandungan kandungan provitamin A mampu membuat kulit lebih cerah, bersih, dan dapat mencegah keriput pada kulit

6. Coklat

Perempuan mana yang tidak suka coklat? Ternyata selain lezat coklat juga mengandung banyak khasiat untuk kesehatan. Coklat yang mengandung kakao lebih dari 70% mengandung antioksidan fenol dan flavonoid, vitamin A, B, C, D, E, zat besi, kalsium, dan kalium. Kakao sendiri merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Berdasarkan penelitian kandungan dalam dark chocolate yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan daya sensitive insulin, menurunkan tekanan darah dan memperbaiki suasana hati.


References

Adina. 2009. Tujuh Makanan Sahabat Kesehatan Perempuan. Universitas Sriwijaya

Adina. 2009. Brokoli, Pelawan Kanker Sahabat Wanita. Universitas Sriwijaya

Fitri Rahmawati. 2011. Gizi, Makanan, dan DIIT. Jurusan Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik Universitas Yogyakarta

Sri Mulyati. 2006. Konsumsi Isoflavon Berhubungan Dengan Usia Menapause. Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan Bogor